Rabu, 28 November 2012

PERANGKAT LUNAK UTILITIES



Perangkat lunak utilitas (Utility)Perangkat lunak ini digunakan untuk memaksimalkan kinerja perangkatkeras dan sistem operasi komputer, serta melindungi dari komputer dari dampaknegatif aplikasi komputer seperti virus, spam, dan lain-lain. Contohnya antivirus,K3B untuk menulis data ke CD atau DVD. Macam-macamnya yaitu
1) Memformat disk
Memformat disk adalah tindakan yang dilakukan untuk menyiapkan disket atau hardisk agar dapat digunakan untuk menyimpan data atau program.
2) Defragmenter disk
Defragmentasi adalah suatu cara untuk menghilangkan fragmentasi. Fragmentasi adalah keadaan yang membuat bagian dari berkas- berkas pada hardisk atau disket tidak berada pada lokasi yang ber- sebelahan, melainkan berserakan pada berbagai sektor yang berjauhan. Pengaruhnya adalah membuat pengaksesan terhadap berkas menjadi lambat.
3) Program anti virus
Virus adalah penggalan kode yang dapat menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyalin kode kemudian menempelkan ke berkas program yang dapat dieksekusi (contohnya berkas .exe pada DOS),
4) Program Pencadangan
Pencadangan (back up) artinya menyalin program atau data yang terdapat pada hardisk komputer ke suatu piranti penyimpanan eksternal dengan tujuan agar sekiranya terjadi kerusakan hardisk komputer akan membuat salinan tersebut dapat digunakan.

"CINOX_UCY"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar